2122-02-SAP7101 METODE PENELITIAN

Mata kuliah ini membahas lebih dalam teori serba sistem dan berpikir serba sistem sebagai alat penelitian administrasi dan intervensi strategis berdasarkan paradigma soft system methodology dan cognitive mapping for leaders. Selain pembahasan pada tujuh tahap analisis soft system methodology, penekanan juga diberikan pada aplikasi, proyek khusus, dan penulisan jurnal ilmiah. Kemudian ini mata kuliah ini juga membahas lebih dalam aplikasi berbagai alat pengambilan keputusan yang berasal dari riset operasi, maupun yang berasal dari dinamika sistem, dan membahas berpikir sistem dan model dinamika sistem, serta perencanaan skenario, penekanan pada aplikasi, proyek khusus, dan penulisan jurnal ilmiah.

2122-02-SAP7102 PERKEMBANGAN TEORI ADMINISTRASI

Mata kuliah ini memperkenalkan mahasiswa pada dasar-dasar konseptual dan pandangan epistemologis dari teori dan praktik administrasi sektor publik. Dalam prosesnya mahasiswa akan memperoleh pemahaman dasar tentang prinsip dan struktur birokrasi dalam berbagai sistem pemerintahan dan bagaimana sistem ini beroperasi. Selain itu perkuliahan ini akan membangun pemahaman tentang bagaimana birokrasi terjalin sendiri dengan kehidupan kita sehari-hari.

2122-02-SAP7103 REFORMASI ADMINISTRASI PUBLIK

Sistem administrasi publik diberbgai negra telah mengalami reformasi luas. Hal ini melibatkan penerapan berbagai strategi yang menghasilkan banyak campuran aktivitas publik dan swasta di mana kemitraan, kontrak, dan cara lain untuk menjalin hubungan menjadi sangat penting. Strategi semacam itu memiliki konsekuensi yang luas bagi tata kelola masyarakat modern. Hal tersebut diperiksa dalam mata kuliah ini dari perspektif internasional dan komparatif. Kursus ini juga membahas konteks administrasi publik kontemporer; partai dan lembaga negara; manajemen personalia publik; dan perumusan dan implementasi kebijakan publik.

2122-02-SAP7104 FILSAFAT ILMU-ILMU PENGETAHUAN

Mata Kuliah ini bermaksud membantu mahasiswa melihat relevansi filsafat dan metodologi ilmu pengetahuan dalam hubungannya dengan masingmasing ilmu pengetahuan yang ditekuninya, memahami prisipprinsip dasar kegiatan ilmiah secara kritis reflektif, serta melihat relevansi langkah, bentuk, dan prosedur metodologisnya, memperluas wawasan ilmiah dengan mendalami hakekat ilmu pengetahuan, serta mendalami ranah ilmu pengetahuan.

2122-02-SAP7206 EKONOMI POLITIK DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Kuliah ini mengkaji pembuatan kebijakan publik, karakteristiknya, determinan dan konsekuensinya dalam demokrasi. Kursus ini pertama-tama akan memberikan landasan teoritis dari ilmu ekonomi dan politik dan kemudian memeriksa sejumlah topik dari bidang teoritis dan terapan ekonomi politik: aksi kolektif, persaingan elektoral, kebijakan fiskal dan redistribusi, birokrasi, pencarian rente, regulasi, informasi dan akuntabilitas, reformasi konstitusi.